Beranda | Artikel
Manusia Tanpa Tauhid
Minggu, 11 September 2022

Bismillah.

Sebagai seorang manusia kehidupan di alam dunia adalah nikmat besar yang Allah berikan kepada kita. Sebelumnya kita tidak ada, kemudian ada. Sebelumnya kita mati kemudian Allah hidupkan. Kehidupan di alam dunia yang akan berakhir dengan kematian lalu ada hari kebangkitan.

Kita diciptakan oleh Allah untuk mewujudkan ibadah kepada-Nya. Sebagaimana firman-Nya (yang artinya), “Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (adz-Dzariyat : 56). Beribadah kepada Allah yaitu dengan mentauhidkan-Nya.

Dengan demikian nilai kehidupan manusia terletak pada penghambaan kepada Allah dan tauhid kepada-Nya. Tanpa tauhid manusia akan hidup seperti hewan. Makan, minum, memuaskan hawa nafsu dan tidak mengenal aturan-aturan Allah. Oleh sebab itu Allah menyebut orang kafir sebagai orang yang telah mati; yaitu mati hatinya akibat kotoran kekufuran dan kemusyrikan.

Adapun orang beriman hati mereka hidup dengan tauhid dan wahyu. Karena itulah Allah menyebut al-Qur’an sebagai ruh yang diwahyukan kepada nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Allah berfirman :

وَكَذَٰلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ رُوحًا مِّنْ أَمْرِنَا

“Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu ruh dari perintah Kami.” (asy-Syura : 52)

Syaikh al-Utsaimin rahimahullah berkata :

في هذه الآية: بيان أن هذا القرآن الكريم روح تحيا به القلوب

“Di dalam ayat ini terkandung penjelaskan bahwa al-Qur’an al-Karim ini merupakan ruh yang membuat hidup hati…” (Tafsir Surat asy-Syura, 12b, link website)

Sementara perkara paling agung yang dijelaskan di dalam wahyu adalah tauhid. Sampai-sampai dikatakan oleh para ulama bahwa al-Qur’an secara keseluruhan membahas seputar tauhid. Surat paling agung yaitu al-Fatihah pun banyak mengandung pelajaran tauhid. Ayat yang paling agung yaitu ayat kursi pun sangat kental dengan materi-materi tauhid dan aqidah.

Dari sinilah kita bisa mengetahui bahwa manusia tanpa tauhid pada hakikatnya adalah manusia tanpa kehidupan. Manusia yang kehilangan kehidupan yang hakiki. Sungguh malang seribu malang, bagi mereka yang tenggelam dalam kekafiran dan kemusyrikan. Dan bersyukurlah kepada Allah bagi mereka yang Allah beri taufik untuk menjadi insan bertauhid.

Semoga Allah berikan taufik kepada kita untuk meraih ilmu yang bermanfaat. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/manusia-tanpa-tauhid/